biografi

Group Band Pokat

Group Band Pokat adalah sebuah group musik dari merangin yang menurut saya merupakan group band Legend yang paling berjasa dalam geliat bermusik di merangin. Konsistensi pokat band dalam berkarya, dan sederet panjang prestasi yang Group Band Pokat raih membuat Group Band Pokat berhasil menjadi Trigger (pemicu) untuk generasi berikutnya dalam berkarya serta memperkaya wawasan bermusik. Group Band Pokat di bentuk pada tahun 2001. dimana tahun 2001 masih merupakan era awal tumbuh dan berkembangnya musik di merangin. Pada awalnya, Group Band Pokat yang mengusung genre hip metal berformasikan Yendri (Vocal 1), Jonny(Vocal 2), Tatang (Drummer), James (Gitaris), Sheno (Bassist),. Berangkat dari kesamaan visi dan pandangan soal ideologi bermusik, mereka mulai mengkomposisi karya-karyanya. Keberadaan James sebagai gitaris yang merupakan siswa pindahan dari kota medan yang lebih dulu mengenal musik boleh di bilang memberi pengaruh paling besar dalam mereferensikan influence bagi Group Band pokat dan juga teknik dalam bermain gitar untuk kalangan gitaris di Kab. Merangin pada era itu. Diplihlah band-band dunia seperti limp bizkit, Rage Againt the Machine (RATM), dan KORN yang menjadi acuan referensi bermusik mereka.

Dalam perjalanan waktunya, pertukaran personil pun kerap terjadi. di awali Yendri yang memutuskan  melanjutkan studinya ke kota yogyakarta, dan berikutnya disusul oleh Tatang yang juga harus melanjutkan studinya hingga posisi drummer pun di gantikan Rio. Rio yang memiliki influence band -band bergenre rock seperti hellowen, g&r, white lion, dll mampu memberikan warna baru dalam komposisi musik di Group Band Pokat. Namun sayang, formasi ini hanya bertahan sampai tahun 2005. Lagi-lagi, Group Band Pokat harus kehilangan drummer karna Rio sudah yang sudah menyelesaikan jenjangan sekolah menengah atasnya, memutuskan merantau ke ibukota. Hal itu tidak membuat Group Band Pokat mundur dan berhenti dalam berkarya. Sepeninggalan rio merantau ke ibukota, masih di tahun 2005, posisi drummer pun di isi oleh Dayat dan adanya penambahan personil pada gitar yang  di isi oleh  Ricky Apx, dan vocal yang di isi oleh Lulus. Dengan formasi baru, komposisi musik dari pokat band pun semakin matang. Gebukan drum Dayat yang padu dengan Blocking Rhytm dari gitar James, Riff dan Feelin dari gitar Ricky yang berwarna progressif, serta Bait-bait lirik yang dikemas dalam nada rap dari Lulus yang menyentil gaya hidup anak muda dikala itu betul-betul memberikan sebuah value yang positif untuk berbenah akan pergaulan anak muda yang semakin bebas, dan wujud dari kontribusi mereka dalam menyelamatkan generasi muda melalui karyanya. Sebut saja beberapa karya Group Band Pokat yang berhasil di tuangkan dalam bentuk demo lagu seperti undergroud race, prostitusi, schizophrenia.

Dikala industri musik mulai mengalami goncangan dengan mulainya genre-genre mainstream bermunculan, Group Band Pokat masih konsisten mengusung bendera hip metal  sebagai ideologi dari karya-karyanya. Hingga pada akhirnya, di tahun 2007 awal pokat band yang sempat Break kurang lebih 1 tahun memutuskan untuk hijrah ke kota Yogyakarta.

Dengan formasi James, Ricky,Sheno,Lulus, dan posisi drummer yang di gantikan oleh Jaka, Group Band Pokat mulai menoreh prestasi di event-event bergengsi. Event seperti 10 besar Festival Gudang Garam Rock Competition region D.I.Y dan jateng, Runner Up 2 kali berturut-turut Cardinal Festival Band, dan masih banyak lagi sederet prestasi yang Group Band Pokat raih. Dengan sering terjadinya pertukaran personil pada posisi drummer, ternyata banyak memberi banyak kentungan terhadap warna baru pada karya -karya yang di buat. Beberapa karya yang sudah di take (recording) yaitu cinderela, kembali, dapat kita rasakan komposisi musik yang lebih modern dan arsemen musik yang benar-benar fresh. Kemajuan dari karya-karya pokat band dapat juga dilihat pada Lirik-liriknya yg semakin matang, seperti di lagu cinderela yang menyampaikan pesan tentang sisi lain dari Sebuah realitas kehidupan, dan lagu kembali yang berisi tentang pengharapan dari sebuah perjalanan waktu  yang penuh proses panjang. Hanya saja sangat di sayangkan sekali, perjalanan Group Band Pokat pun harus berhenti di penghujung tahun 2009. Atas kesepakatan bersama, akhirnya masing-masing personil memilih untuk berjalan di jalan yang mereka pilih. James memutuskan untuk sekolah di palembang menjadi pendeta, Sheno dan Lulus pun akhirnya pulang kembali ke Kab. Merangin. Hingga saat ini, Ricky masih tetap tinggal di kota jogja.

Untuk mengobati kerinduan akan karya -karya dari Group Band Pokat, sudah saya upload beberapa lagu list lagu dari karya-karya mereka. Semoga tulisan ini bisa memberi sedikit informasi tentang Group Band Pokat, dan menularkan semangat bagi para musisi di Kab. Merangin untuk selalu berkarya. Selamat mendengarkan, dan selalu support karya musisi merangin…..

Advertisements

2 thoughts on “Group Band Pokat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s