opini

Kilas Balik Geliat Bermusik Merangin

saat kita mendengarkan kata “musik”, mungkin sebagai dari kita yang memposisikan diri sebagai penikmati akan langsung di ingatkan pada trend musik saat ini, band – band kaliber nasional yang sedang di puncak  kejayaan, atau pun deretan kumpulan list lagu kegemaraan. ya, memang begitu akrab nya musik dalam mengisi kehidupan sehari-hari kita. Karna pada dasarnya, suka ataupun tidak suka musik merupakan salah satu kebutuhan yang mengisi sendi-sendi kehidupan, dan merupakan buah mahakarya dan perwujudan ekspresi dari para musisi.

Menilik ke belakang, sebenarnya merangin tidak kekurangan musisi dan tidak sedikit karya musisi-musisi merangin yang sudah berhasil di tetas kan( next akan kita bahas satu persatu). Hanya saja, sangat di sayang kan sekarang masyarakat merangin seolah tidak melihat lagi jejak – jejak karya para musisi merangin.kepemahaman dan semangat bermusik para musisi penerus pun mengalami kemunduran yang drastis. Geliat yang berbanding terbalik saat para pendahulunya ( kakak-kakak musisi di era 2000 an ) yang benar-benar dengan keterbatasan namun mampu memberi warna dan kesan untuk generasi berikutnya yang menurut saya layak di beri apresiasi.keterbatasan  seperti  sedikit informasi untuk dijadikan referensi dan influence dalam bermusik ( zaman kaset dan internet blm masuk) ,studio  musik yang jumlahnya sedikit sekali(hingga harus antri sampai tengah malam ketika akan ada festival/parade), tidak mengurangi semangat dan aura kompetisi mereka dalam berkarya. Hal itu dapat di buktikan dari eksistensi mereka memilih genre musik. Benar-benar sangat beragam dan saling menghargai pilihan. Tidak hanya sekedar ikut-ikutan. Realita yang sangat bertolak belakang untuk generasi musisi merangin sekarang.

 Akhirnya dapat di tarik kesimpulan ternyata kemudahan tidak memberi jaminan untuk sebuah kemajuan.dan mungkin sudah saat untuk membakar lagi gairah bermusik  para generasi muda musisi merangin.mungkin Bisa dimulai dari hal yang sederhana. Berkaca lah dengan sejarah, dimana sejarah mampu menjadi guru dalam memberikan wawasan yang pada akhirnya melahirkan esensi bermusik yang benar.

Cherss…..🍻

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s